HTml

SELAMAT DATANG di ZONA KEHIDUPAN untuk KITA dari ALLAH :)

Rabu, 13 Juni 2012

Rest In Peace

Rest In Peace

Arti kalimat di tas emng istirahat dalam damai, sebutan bagi mereka yang telah meninggal dalam khazanah barat. tapi sedamai-damainya mati, siapa sih yang ingin buru-bur mati.? gue sih gak pengen buru-buru mati, masih pengen banyak nambahin amal euy, buat ngadep sama Allah di akhirat.. kalian juga donk pastinya pnegn ngadep sama Allah dengan amal yang banyak.. apalagi remaja. Wah, pasti nggak bakalan mau ninggalin dunia ini pas usia muda. iya kan? ngaku aja deh yang masih remaja.. :D 
tau Chairil Anwar kan? pasti tau donk.. kata kang Chairil Anwar yang penyair saja sampai mengatakan "aku ingin hidup seribu tahun lagi " dalam sajak Aku-nya. walau dia sendiri kemudian mati dalam usia muda.. (ngeness.. Hhee.. becanda). lalu ada lagu lama- Forever Young dari kelompok Alphaville, dan Who Wants to Live Forever dari Freddie Mercuri.Man Propose, but God dispose. manusia pastinya punya keinginan, tapi Allaj yang menentukan segala-galanya. siapa yang tau kapan kematian akan datang merampas segala impian dan cita-cita kita?

tiba-tiba aja nih gue teringat ama teman sekolah yang meninggal tanpa diduga-duga,, hanya beberapa hari mungkin menjelang ulang tahunnya yang ke-15 (muda banget kan?).. dan dia padahal bercita-cita pengen jadi ketua MPK/OSIS,, (pko'ny antara MPK atau OSIS, saya lupa :D ) ada juga yang berkomentar : "kasihan ya,, gak nyangka banget, padahal bentar lg mau ultah tapi udah dipanggil duluan sama Allah." but.. apa mau dikata.. malaikat gak akan pernah minta izin sama kita kapan mau nyabut nyawa kita, so.. kita harus selalu menyediakan bekal..(bukan bekal makanan lho ) tapi adalah bekal amal kebaikan yang kita persiapkan untuk masuk ke surga agar bisa bertemu sama pemilik nyawa dan kehidupan kita dengan wajah berseri-seri yaitu Allah swt, dialah pemilik segala-segalanya. 


wajar banget kalau bulu kududk kita merinding setiap membahas do'i satu ini, yaitu KEMATIAN. kebayang, kita terkururung di dalam tanah yang sempit dan lembab, sendiri dalam kegelapan. belum lagi bayangan kalau kita bakal dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang udah kita lakuin.. (ayoo.. mari mengingat apa aja yg udah kita lakuin mpe detik ini,?? :) ) mati itu mengerikan. tapi kadang gue juga mikir, mati itu gak selamanya mengerikan, loe tau kenapa? karena kita bakal ketemu sama Allah setelah kita mati, eits, iye kagak ngeri kalau kita ketemu sama Allah dengan bawa amal perbuatan yg baik, lha kalau gak baik, gimana coba? apa gak malu sama Allah yg udh ngasih nikmat bahwa kita diberikan kesempatan beramal baik di dunia tapi gak dimanfaatin sebaik mungkin, ok, it's your choice..


semua makhluk hidup punya temen yang sama lho.. entah itu gue, lo, kalian, ataupun orang-orang dimanapun mereka berada, kita tetap punya teman yang sama, tau gak siapa? yaitu ya si do'i tadi.. KEMATIAN! Allah sudah menakdirkannya. firmanNya "tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. " (Ali-imran :185)


kematian juga jadi bukti kalau kita sebagai manusia lemah (tapi, jgn gunakan alasan lemah ini untuk tidak berkarya dan tidak berdaya menghadapi masalah). kita cuma makhluk yang tunduk pada kekuasaan Allah. Stalin, Lenin, atau Karl Marx yang menolak adanya tuhan juga harus menghadap tuhan. mereka tidak kuasa menolak sunnatullah bahwa yang hidup itu bakal mati.

kata imam Ali bin Abi Thalib, 'Manusia hidup dikejar rezekinya, sebagaimana ia dikejar kematiannya." gue kasih tau aja ya,,menolak kematian juga gak ada artinya banget. ke manapun lari dan sekuat apapun berusaha, gue jamin deh kalau kita gak bakalan sanggup melawan kematian, sang pemisah kenikmatan kehidupan. "Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendati pun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh" (an-nisa':78)

sebenarnya yang harus kita takuti atau waspadai, bukanlah kematian itu sendiri, tapi dalam keadaan seperti apa kita mati, ya, karena kita akan diminta bertanggung jawab atas semua kelakuan kita di dunia.


" Dan peliharalah dirimu azab yang terjadi pada) hari yang pada waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah. kemudian masing-masing diri diberi balasan yang sempurna terhadap apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka sedikit pun tidak dianiaya (dirugikan)" (al-baqarah:281)
maka, luar biasa malu dan takutnya bila kita menghadap Allah pada saat bermaksiat.. exp:zina, atau yang mendekati zina( pacaran), meninggalkan shalat,ketika tidak berpuasa, ketika belum menutup aurat, saat tawuran, de el el contoh maksiat lainnya.


itulah salah satu hikmah yang bisa kita tangkap, mengapa Allah menyebunyikan rahasia umur dan kematian. agar kita menjadi orang yang menjaga perilaku kita. ajal bisa datang kapan aja, nggak pandang umur dan kekayaan, prestasi, tampang cakep atau gak, orang shaleh atau gak, de es be. bisa aja nyawa kita diambil pas lagi numpul bareng keluarga. lagi tidur, berjalan di mall, naik kendaraan, ketika sedang shalat, baca al-qur'an, de es te.. tunggu sebentar!hanya jangan sampai ketika sedang maksiat aja. na'udzubillah.. (maka dari itu gunakan aja waktu kita terus untuk menggapa ridho Allah)


oleh karena itu, mikirin kematian bukanlah hal negatif, bahkan sangat positif. .WHY??!! hal itu membuat kita menjai lebih dewasa, lebih serius dalam kehidupan,dan tentunya bersungguh-sungguh dalam melakukan amal shaleh. kita akan lebih menghargai setiap detik dalam kehidupan. pas kita lagi di tengah-tengah keluarga, waktu kita shalat, membaca al-qur'an, ngumpul bareng teman, akan kitahargai dan kita isi dengan berbagai perilaku yang positif dan mendatangkan pahala. banyak orang yang mendapat pelajaran dari kematian.
ada cerita dari temannya teman saya.. bahwa dia berhenti dari aktifitas maksiat yaitu pacaran dan mebuka aurat karena saking seringnya nginget kematian.


salah satu pelajaran yang bisa kita lakukan untukselalu ingat kematian adalah mengantarkan saudara, teman,, kita yang meninggal. dengan begitu kita bisa menghayati dengan khusyu makna kematian. atau gak usah pake cara itu juga bisa, ya, dengan benar-benar merenung tentang kematian. kita akan berpikir setelah mengantarkan jenazah ke pemakaman tadi atau tau ada teman kita yg meninggal ; " hari ini dia,mungkin esok atau lusa kita yang akan menemaninya di alam barzakh?'
"Hendaknya kalian berziarah kubur, karena sesungguhnya (berziarah) itu mengingatkan akan kematian." (HR.Imam Muslim)


udah begitu, masih nekat mau main-main di dunia (maksiat) terus ngelupain Allah, padahal ajal bisa datang kapan aja?


"Orang cerdik adalah yang menyiapkan dirinya dan beramal untuk setelah kematian, sedangkan orang yang bodoh adalah orang yang mengikuti hawa nafsunya dan berangan-angan kepada Allah" (HR.Ibnu Majah)

Undzur maa qoola, walaa tandzur man qoola


sekian.. wassalamu'alaykum.. :)






Tidak ada komentar :

Posting Komentar