HTml

SELAMAT DATANG di ZONA KEHIDUPAN untuk KITA dari ALLAH :)

Sabtu, 22 Februari 2014

Jadilah Muslim yang Terbaik :)


Pernah merasakan sakit hati hanya karena perkataan seseorang ? Atau kita sendiri tidak menyadari bahwa perkataan kita lah yang menyakiti perasaan teman kita ? Terkadang, kita merasa bahwa ucapan seorang teman telah melukai perasaan kita, padahal ucapan kita lah yang terlebih dahulu menyakiti perasaannya.. ini bukan masalah siapa yang menyakiti perasaan seorang teman dengan perkataanya.. tetapi Alangkah indahnya nan berpahala jika kita sama sama bisa menjaga lisan kita masing-masing..

mari kta ingat-ingat lagi perkataan Rasulullah SAW dalam sebuah hadits bersabda " Muslim yang terbaik adalah muslim yang muslim lainnya selamat atau merasa aman dari gangguan lisan dan tangannya" (HR.Bukhari)
dalam kehidupan, saya pernah menemui fenomena yang dianggap biasa bagi beberapa orang,, misalnya menyembunyikan barang/benda teman. mungkin, niat kita hanya bercanda, tapi apakah niat itu tersampaikan dengan baik kepada si empunya barang ? mungkin, awalnya tersampaikan.. tapi jika hal ini terus menerus dilakukan, bisa saja teman yang 'dikerjain' tadi kesal/marah/jengkel. apakah teman kita itu termasuk dari golongan aman dari tangan kita ? Sepertinya tidak.
kemudian.. contoh lainnya, ketika kita sedang asyik bercanda ria dengan teman-teman kita, kemudian ada seorang teman 'nyeletuk' kata "eh,sialan lu". Apakah itu juga bagian dari aman terhadap lisan ? sepertinya tidak. saat keluar ucapan 'eh, sialan lu' dari mulut kita, penerima ucapan tadi mungkin saja sakit hati dengan ucapan itu, mana ada orang yang mau dikatakan 'sialan' atau dalam artian 'pembawa sial'. sadarkah 3 kata itu nantinya akan diputar ulang di akhirat ? sadarkah jika ada malaikat yang dengan setia mencatatnya ? Astaghfirullah.. ini juga buat renungan kita semua, termasuk saya pribadi. Allah Maha Pengampun. mintalah ampunan kepada Allah sekecila apapun kesalahanmu, karena sekecil apapun kesalahanmu juga nantinya akan dipertanggung jawabkan.

Nabi Muhammad Saw bersabda : "Sesungguhnya ada seseorang yang berkata sepatah kata saja dimana dia menganggap tak ada dampaknya, namun itu menjadi sebab dia terlempar ke dalam neraka sejauh tujuh puluh musim " (HR.At-Tirmidzi)

mulai dari sekarang, mulai dari diri sendiri, ayo kita fastabiqul khairat untuk menjaga lisan dan tangan kita agar orang di sekeliling kita termasuk golongan aman dari lisan dan tangan kita. sebelum berbicara dan bertindak sebaiknya memiliki 'filter' nya terlebih dahulu, apakah yang kita lakukan dan bicarakan ini akan memberi manfaat atau mendatangkan kesusahan kepada orang lain ? kembali pikirkan apakah yang akan kita ucapkan dan lakukan ini akan dicatat baik atau buruk ? tetaplah berpegang teguh kepada Syari'at Allah guys..

:)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar