HTml

SELAMAT DATANG di ZONA KEHIDUPAN untuk KITA dari ALLAH :)

Selasa, 08 Oktober 2013

perjalanan kontraksi otot. S.Ft

assalamu'alaikum..
mari kita awali tulisan ini dengan bismillah..
cekiproott.. !! :D

Tau gak, bagaimana prinsip dasar terjadinya kontraksi otot, prinsip dasar terjadinya kontraksi otot adalah karena adanya hubungan atau ikatan antara kepala myosin dengan aktin.nah, cara berikatannya kayak gimana ? berikatannya melalui proses pergeseran filament-filament tebal dan tipis. syarat utama pergeseran filament-filament tadi, kepala myosin harus beikatan erat dngan aktin.

trus bagaimana saat otot relaksasi ? pada saat istirahat/relaksai, troponin I berikatan dengan aktin, dan tropomiosin menutupi tempat diamana seharusnya kepala myosin mengikat aktin.hal itu mengakibat kompleks troponin, topomiosin dan protein relaksasi menghambat interaksi antara aktin dan kepala miosin.

kapan terjadinya kontraksi ? kontraksi terjadi jika adanya stimulus yang menimbulkan impuls di motor neuron.di mana ujung-ujung akson melepaskan asetilkolin dan mengakibatkan terjadinya potensial generator di mototr end-plate.naahh.. kalau stimulus tadi sudah mencapai nilai ambang batas letup maka dapat mengubah potensial generator menjadi potensial aksi di serat otot dan menyebar ke seluruh serat otot. potensial aksi dapat menimbulkan retikulum sarkoplasma yang melepaskan ion kalsium sehingga ion kalsium lebih tinggi.

troponin C berikatan dengan ion kalsium dan mengakibat troponin I terlepas dari aktin sehingga tropomiosin bergeser dan binding site aktin menjadi terbuka, trus kepala myosinnya ngapain dong ? di kepala myosin, ATP diaktifkan oleh siapa nih ? ATP di kepala myosin diaktifkan oleh enzim ATPase diubah menjadi ADP dan fosfat anorganik+energi, energi ini digunakan untuk mengaktifkan kepala myosin agar berikatan dengan aktin.terbukanya celah tropomiosin menghasilkan peluang interaksi antara kepala myosin dengan aktin.
terus kapan si aktin dan kepa myosin ini terlepas lagi ? mereka bakal pisah lagi kalau ada pengganggunya ? pengganggunya itu berupa ATP baru yang melekat atau nempel2 sama aktin. :D

Daaann.. relaksasi pun terjadi lagi. kepala myosin terlepas dari aktin karena ion kalsium kembali ditarik ke retikulum sarkoplasma. enzim ATPase pun ikut-ikutan menjadi tidak aktif.
sekian ~ :)
fisioterapi maju ! fisioterapi jaya ! sukses ! fisioterapi emas !

Tidak ada komentar :

Posting Komentar