HTml

SELAMAT DATANG di ZONA KEHIDUPAN untuk KITA dari ALLAH :)

Selasa, 29 Oktober 2013

S.O.P (Standard Operating Procedure) Kehidupan

assalamu'alaikum world.. assalamu'alaikum seluruh makhluk di muka bumi ini.. :)
kemarin, waktu kuliah Pengantar Fisioterapi, Pak Ali Imron (Ketua Ikatan Fisioterapi Indonesia Pusat) bilang gini.. " sebagai seorang fisioterapis, rekan-rekan semua harus melakukan semuanya sesuai dengan kode etik dan S.O.P yang semestinya, percuma jika rekan-rekan jago du anatomi, fisioloogi, patologi dll tapi tidak mempunyai kode etik dan melanggar S.O.P, ya tetap percuma".

saat itu teman-teman gue satu kelas dan termasuk gue ngangguk-ngangguk tanda paham dan sangat menghayati dan mencerna perkataan beliau. alhamdulillah..
gue gak mau kalau gue 'hanya' sekedar mengangguk-ngangguk paham tentang itu tapi gue mencoba menghubungkan dengan kehdiupan kita.

S.O.P KEHIDUPAN  ! ya, hal itulah yang menurut gue sangat cocok untuk dihubungkan dalam kehidupan sehari-hari kita. kalian pasti pernah denger kan apa itu S.O.P  ? hayoo.. beneran pernah ya ? atau baru tau setelah gue nulis ini.. hehe.. *becanda
apa coba S.O.P itu ? S.O.P itu kepanjang dari Standard Operating Procedure. nah lohh.. maksudnya apaan tuh guys.. ??

S.O.P merupakan tatacara/tahapan yang dibakukan dan yang harus dilalui untuk menyelesaikan proses kerja tertentu.. kemudian, setau aku salah satu fungsi S. O.P itu adalah sebagai dasar hukum ika terjadi penyimpangan..
hhmt.. gimana guys ? udah ada bayangan belum bagaimana S.O.P kehidupan  ?
setiap profesi di muka bumi ini pastinya mempunyai S.O.P masing-masing dalam menjalankan tugasnya. and FYI aja nih, sejak dalam kandungan bunda kita udah punya S.O.P profesi istimewa untuk kita dari Allah. what is it ? Ya, profesi kita sebagai hamba Allah. S.O.P nya apa ? Ya, al qur'an serta penguatnya as-sunnah.
S.O.P  kehidupan adalah aturan dari Allah yang harus ditaati. S.O.P kehidupan yang berupa al qur'an dan as-sunah tapi harus betul-betul kita baca, pahami dan jalankan. :)

dalam S.O.P kehidupan telah diatur dari hal terkecil sampai hal terbesar, misalnya bagaimana kita bersikap dengan orang tua, tetangga, bahkan dengan alam semesta pun juga diatur dalam S.O.P kehidupan. sikap kita terhadap musibah, kebahagiaan, etika makan dan minum, apa saja yang dilarang dan dibolehkan untuk hal makanan, woohhh.. POKOKNYA LENGKAP DEH S.O.P KEHIDUPAN DARI ALLAH UNTUK KITA. **MAAP, CAPSLOCK JEBOL. haha

nah, semua yang ada di S.O.P kehidupan itu apabila dijalankan dengan ikhlas, maka hidup kita tuh dijamin deh bakal selamat, bahagia, penuh warna dll *isi sendiri :D. kalau pembaca sekalian gak percaya nih ye, coba aca baca satu dua ayat SOP kehidupan kita, jalankan dengan hati ikhlas, maka hidup kita semuanye bakal berubah. jreeenggg.. berubah ke mana ? berubah ke arah lebih baik. BERANI MENCOBA ??

Oh iya, kemarin itu temen gue juga ada yang nanya " apa aikbatnya pak jika SOP profesi kita dilanggar ?
ya spontan aja si bapak ali imron menjaawab " ya klien/pasien kalian dapat mnuntut anda jika tidak sesuai SOP. selesai perkara, bisa dibawa ke meja hijau "
nah, pasti sama juga dengan SOP kehidupan jika dilanggar bakal ada balasannya dari allah, entah itu di meja hijau akhirat nanti atau di dunia, itu smua kuasa Allah. sekali lagi, gue mau ngingetin buat semuanya dan gue pribadi, kalau kita berani ngelanggar SOP kehidupan dari Allah. ya siap-siap aja terima sanksi dari allah. dan yang jelas hidup kita bakal gak tentram, suram dan tanpa warna.

Sekian. ~
Alhamdulillah :)


Tidak ada komentar :

Posting Komentar