HTml

SELAMAT DATANG di ZONA KEHIDUPAN untuk KITA dari ALLAH :)

Senin, 21 April 2014

#FKLDK6 Tabiat jalan dakwah menuju generasi rabbani


Dakwah Rabbani ?
apa itu dakwah rabbani ??
Dakwah Rabbani adalah dakwah yang dilakukan karena Allah semata, bukan untuk suatu kelompok atau figur. kelompok-kelompok itu misalnya seperti lembaga dakwah kampus hanyalah sebagai sarana kita untuk mencapai tujuan utama dakwah kita.


landasan mengenai penjelasan dakwah rabbani terdapat pada surah ali imran ayat 79 yang artinya : " Akan tetapi (dia berkata ) : Hendaklah kamu menjadi orang-orang Rabbani dengan apa yang engkau senantiasa ajarkan dari Al-kitab dan dengan apa yang kamu tetap mempelajarinya "
(Lihat asbabun nuzul nya)

Muhammad adalah sebaik-baik murabbi. rasulullah merupakan teladan terbaik terhadap para murabbi dalam mendidik umat. ada sebuah hadits menyiratkan pesan sebagai berikut : Wahai para murabbi, jika engkau sekalian ingin menjadi pendidik umat, maka mengacalah kepada tarbiyah Nabi Saw! Ikuti metode tarbiyah dan jalan dakwahnya yang terbukti telah melahirkan generasi umat yang mumpuni di pelbagai aspek kehidupan!

Rabbani itu apa ? Rabbani adalah mereka yang menggabungkan ilmu dan pemahaman, menguasai politik (strategi mencapai tujuan), pentadbiran, menunaikan urusan rakyat (termasuk segala macam masalah di kampus), dan bermaslahat bagi umat.
pada intinya, Rabbani itu adalah mereka yang berjuang karena Allah, di jalan Allah dan demi meninggikan agama Allah.

“pribadi Rabbânî lahir dari ilmu dan pembelajaran. Sosok yang senantiasa ingin menyalurkan ilmunya, memberi dan menerima, serta tidak mengenal kata bosan dan jenuh dalam belajar dan mengajar. Olehnya itu, yang rabbânî dari mereka adalah yang mengetahui dan mengamalkan pengetahuannya. Orang yang telah menghabiskan umurnya belajar, kemudian tidak mengamalkannya, seperti petani yang menanam pohon dan terbuai oleh keindahannya, tetapi buahnya tidak memberikan manfaat terhadapnya. Pendek kata, Rabbânî itu adalah sosok yang senantiasa ingin mengajarkan dan mengamalkan apa yang diketahuinya"

Generasi Rabbani adalah mereka yang memiliki kepribadian islam, menjadi agen perubahan, agen sosial, agen muslim yang baik, negarawan (mampu menjadi pemimpin, setidak nya dapat memberi pengaruh untuk menyelesaikan masalah umat..

generasi rabbani yang berjuang karena Allah tidak boleh ada sifat wahn (cinta dunia takut mati), Dhaif , dan istikanah (mudah menyerah).
dakwah itu menyeluruh (ekonomi, politik, kesehatan, pendidikan dan lain lain) bukan parsial  islam itu Syamil wa mutakamil.

Tabiat dakwah itu banyak tantangan ! kalau jalannya mudah maka itu bukan tabiat dakwah.

point yang lain:

- dakwah itu harus lokal dan internasional
-berbicalah dengan 'bahasa' nya dan ada nya kontekstualisasi dakwah
-urusan umat itu urusan kita juga, menyelesaikannya hukumnya fardhu kifayah.
-mengenali tema dan cara dakwah di kampus.
-harus ada manhaj amal berupa SOP LDK
-manhaj utama nya yaitu al qur'an dan as sunah.
-harus ada percepatan dan inovasi dakwah.

ringkasan dari kajian ustad ahmad setiabudi. Minggu, 20 april 2014.




Tidak ada komentar :

Posting Komentar