HTml

SELAMAT DATANG di ZONA KEHIDUPAN untuk KITA dari ALLAH :)

Kamis, 14 November 2013

Setitik Tentang Hari Pertama di sana :)

Sabtu, 8 November 2013
Jam di layar hp ku sudah menunjukkan pukul 8 pagi lebih beberapa menit. bagiku setiap detik dalam hidupku sangat berharga sehingga semuanya harus memiliki nilai manfaat.
"Taksinya dimana ya, kok lama banget. mungkin sedang macet" gumamku dalam hati dan mencoba husnudzon dengan si taksi..
Ya, taksi itu akan mengantarkanku ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Pada hari itu, hanya ada rasa syukur dan gembira karena diberi kesempatan waktu dan rezeki dariNya untuk kembali bersilaturahmi ke ma'had ngruki.

beberapa saat kemudian, taksi bersama sopirnya pun sudah menunggu di depan kos ijo ku. Alhamdulillah..
perjalanan dari kos ku yang berada di daerah kebon jeruk menuju Bandara Soetta bisa ditempuh dalam waktu 1 jam kalau gak macet. :D selama di dalam taksi, aku terus saja membayangkan pertemuanku dengan sahabat-sahabatku di dalam sana. ahh.. rindu ini terus saja mengiringi. tidak terasa perjalanan satu jam dengan backsound ar-rahman by syeikh hani ar rifa'i menambah nikmat perjalanan ini.. dan akhirnya tibalah di Bandara Soekarno-Hatta.

tulisan di layar itu memberitahu bahwa " penerbangan tujuan Solo dari Jakarta ditunda hingga pukul 13.00 WIB"  Jlebb !! astaghfirullah..
"nunggu di bandara selama 3 jam lebih.. fyuhh.. tenang deh, in shaa Allah ada hikmahnya" suaraku dalam hati.
Yap, Memang benar ada hikmahnya ternyata. alhamdulillah.. aku melihat "bintang kecil" itu bersinar di tengah lautan manusia di bandara.
aku sangat tersentil dengan "bintang kecil" itu. Bintang keclil itu  adalah seseorang yang tak pernah aku mengenalnya,tapi aku merasakan manfaat keberadaannya. itulah sebaik-baik manusia. Yang dilakukan "bintang kecil" itu mungkin saja minoritas. tapi minoritas seperti itulah yang sangat disukai Allah dan bernilai ' lebih'. ya, ia sedang membaca qur'an dan sepertinya sedang menghafalkannya. aku terdiam sejenak melihatnya dan mencoba merenung.. pikirku, tak usah terlarut-larut atas sentilan itu, langsung saja ikuti apa yang dilakukan oleh "bintang kecil" itu. terima kasih "bintang kecil" ku.. semoga aku menemukan "bintang-bintang" seperti itu di sekelilingku, bahkan semoga aku yang menjadi bintang bersinar terang dimanapun aku berada..
pengalaman yang berharga dari itu.. jangan terlalu berlalut-larut dalam menyadari kesalahn.. segera saja beristighfar dan ganti satu kesalahan itu dengan beribu-ribu kebaikan..
semua pasti ada hikmahnya.. :')

terdengar suara petugas bandara "diberitahukan untuk seluruh penumpang Lion Air JT-535 tujuan Solo harap segera menaiki pesawat udara melalui pintu 3"
"ahh.. akhirnya.. alhamdulillah. welcome to solo.. " syukurku dalam hati
"Perjalanan ke Solo ditempuh dalam waktu 1 jam 15 menit dengan ketinggian (lupa) " ya kira-kira seperti itulah pemberitahuan sang pilot dari ruang kendali pesawat.
entah kenapa perjalanaku kali ini tak bisa untuk memejamkan mata semenit saja.. mungkin, karena rasa ini.. rasa bahagia untuk bertemu dengan mereka.
aku selalu menyukai duduk tepat di samping jendela sehingga dua bola mata ini leluasa untuk memandang pemandangan dariNya yang sangat indah. jiwaku seolah menyatu dengan alam.

"finally.. i just arrived at solo. " teriakku pelan.
yeah. Bandara Adi Sumarmo Solo. :) tepatnya sih di kabupaten karanganyar bagian barat. pertemuanku dengan mereka saat itu semakin dekat. untungnya, aku tidak ada simpanan bagasi. bergegas saja diriku keluar dari ruang kedatangan untuk memesan taksi dengan tujuan Pondok Pesantren Putri Al-Mukmin Ngruki. tidak asing bagiku dengan suasana solo yang sekarang, tidak begitu banyak perubahan yang terjadi padamu wahai kota yang menemaniku 3 tahun lamanya. semoga kau tetap menjadi kota yang bersahaja dengan pendudukmu yang tetap menjaga budaya ramah-tamah itu. Dari kejauhan mataku memandang, "gerbang ijo" itu sudah terlihat.. ahh.. gerbang ijo menyimpan berjuta-juta kenangan dan ribuan episode kehidupan. :')

untuk waktu siang seperti ini, pintu yang dibuka di pondok putri hanya ada 2 yaitu Gerbang depan dan ruang tamu. tapi, sayangnya gerbang ijo sudah ditutup saat aku di sana. akhirnya aku memilih lewat ruang tamu. dan apa yang terjadi ?? I SEE TUYUULL (Hani Khoirunnisa).

"hah ?! Gendeuwo ??!! ngapain kamu di sini ? nekat kamu ya. darimana ? dari jakarta ? sendirian ? dasar gendeuwo.. Haha" ucap hani dengan kaget.
"aaaaa.. tuyul.. sini. iya, gue nekat demi kalian semua yang ada di sini, kali aja gue dapet 'sesuatu' yang bisa bikin hidup gue tambah bermanfaat" sahutku dengan gembira
dan tak disangka, di tempat yang sama ada ibu nya hani.. ya, sekalian saja silaturahmi dengan ibu nya hani..
"udah sono.. temuin dan temenin ibu kamu dulu.. aku mah gampang. hehe.. " ucapku padanya
"iya.. tapi aku anterin kamu dulu ya ke dalam. aku anterin ke kamarnya nabila." ajak hani
aku dan hani pun masuk ke dalam pondok dengan 'gaya' seperti dulu. haha.. dua orang imut,aneh,manis,sedikit sarap2 bermanfaat bertemu kembali..

bak artis oki setiana dewi masuk ke pondok. semuanya manggil-manggil.. "ya allah.. mina.. mina.. ! apa kabar ? bla.. bla.. dst" hehe..
semuanya masih sama.. hanya penghuni nya saja yang silih berganti dari junior-senior. kedua kaki ini terus saja menapaki jalan yang ada di darob-darsan.
"bil.. mina nih.. haha.. " teriak tuyul kepada nabila
"udah sono.. ke kamar bila dulu. aku ke ghurfah lagi ya.. " pamit tuyul
segera saja, aku berlari ke kamar 7 darob, kamar yang bertepatan dengan kamar ustadzah darsan.

seperti biasa.. jiwa/batin ku saat berada di solo berbeda dengan yang di jakarta  aku merasa lebih nyaman, bahagia saat jiwaku ada di solo.. argh.. sudahlah. nyatanya, hidupku yang sekarang sampai 3 tahun mendatang di jakarta. lagi-lagi.. pasti ada hikmahnya :')

"subhanallah bu.. beneran kesini ya ? ayo, istirahat dulu. aku punya banyak cerita nih " ucap nabila dengan senyumnya yang manis :)
"ya, bneran nuw bu. masa' bohongan. hehe.. iya nih. aku juga punya banyaak cerita. tapi aku belum makan siang,math'am udah tutup ya ? aku keluar dulu ya beli makan, ada yang mau dititipin gak ? jawabku
"iyalah, math'am udah tutup. udah jam segini juga. gak ada yang dititipin kok. ati2 ya.."
"assalamu'alaikum bu.. ^^ oh iya, katanya kamu sakit ya. aku beliin obat sekalin ya di luar?" tawarku padanya
"gak usah bu.. ini tinggal masa pemulihan aja kok.. "

aku mencoba mengelilingi lingkungan sekitar luar pondok untuk mencari pengganjal perut. dari pondok DH sampai DR kemudian kembali lagi ke pondok dan memulai perjalanan lagi ke perempatan menuju TB Arafah. warung makanan hampir tutup semua. akhirnya aku kembali ke pondok dengan sebungkus nasi+sayur+tahu bacem dan rujak es krim. hehe.. sungguh jauh perbandingan harga-harga di solo dan jakarta. berasa pengen langsung pindah ke solo aja. dan terbesit di pikiranku, suatu saat nanti klinik fisioterapiku dan pekerjaan ku di rumah sakit ingin yang ada di solo saja. haha.. Aamiin..

kini, aku kembali berada di kamar 7 darob.
"bil.. pinjam mangkok dong buat naroh rujak es krimnya" pintaku pada nabila
aku pun membuka rujak es krim itu dan menuangkan ke mangkok. tak disangka, ada maya, dzia, ike, kiki, dan tuyul yang sudah kembali ada di kamarnya nabila.
yeah.. rujak es krim pun kami makan dalam suasana kebersamaan. 'bersama' agak sedikit berbeda dengan 'kebersamaan'.

percakapan hangat pun terjadi di depan semangkok rujak es krim.
"mina.. sekarang beneran kuliah ya ? di mana ? jurusan apa ? kok bisa tow min koe ninggalin kita-kita ?"
"iya. alhamdulillah.. udah kuliah, di jakarta. universitas esa unggul dekat sama trisakti. fakultas fisioterapi, jurusan fisioterapi. lhah kok bisa gitu ? aku gak ninggalin kok, cuma kebetulan aja aku masuk kelas yang agak sedikti ngeloncat-loncat ini. lagian.. kalian tau gak, waktu aku udah di banjarmasin. aku punya nadzar gini. kalau aku diterima di kelas akselerasi yaudah aku jalanin aja. dan kalau nggak diterima aku bakal kembali ke sini. kembali ke pondok. masuk jurusan agama. aku juga udah bilang ke ustadzahnya. tapi takdir allah mengatakan kalau aku harus di banjarmasin saja dulu 2 tahun menemani orang tuaku. hehe.. "
"lhah trus, satu kelas ada berapa orang min ? isinya kaca mataan semua gak ? hehe"
" satu kelas ada 13 org. sepi banget kan ? bisa bayangin gak ? ya gak nuw. buktinya aku gak pakai kacamata. biasa ae.. masih normal kok kami 13 orang itu. ahaha.. "
JRENGGGG.. *bunyi jaros*
"tuh udah jaros. yuk siap2 ke masjid"
"iya."
*langsung bubar* haha. * ini rekayasa atau fakta* ? :D
---------------------------------------------

waktu belajar malam pun tiba. seperti biasa, seluruh kamar dikunci dan lampu dimatikan, semua penghuni kamar diwajibkan untuk belajar ke kelas.
otomatis, biar jadi ni'haie beberapa hari, tak lupa jua aku ikut mereka belajar malam walau sekedar nongkrong depan kelas ni'haie. hehe..
eh, gak tau nya ketemu sama mira, uswah, dll..
"mina.. apa kabar ? kapan ke sini ? kangen kamu. hehe.. min, kok kamu bisa istiqomah gitu sih min sama pakaianmu ?"
"ya alhamdulillah.. bukankah kita semua memang seharusnya istiqomah dengan apapun itu. pastinya dalam hal kebaikan ?. do'ain aja biar kita semua juga dapat istiqomah, bukan cuma dalam pakaian. tapi juga akhlak :)"
"wehh.. mina. wes. anak kuliah omonganne dadi ngono thow.."
" ya enggak nuw.. ya emang gitu kan"
"iya sih min.. lanjutkan min. "
"iya, kalian juga pasti lebih baik kok. manfaatkan waktu yang ada disini. ingat amanah allah, ortu, ustdzh.. bangkitkan ngruki, buat nama ngruki jaya dimanapun. kita puna peran masing-masing dimanapun kita berada"
percakapan itu pun selesai dikarenakan diriku dan semuanya udah ngantuk. dan tahukan anda, kami tidur dimana ? tidur di kelas kayak sarden di atas tikar. haha. i miss that moment. :)

Sekian.. alhamdulillah.. ~












Tidak ada komentar :

Posting Komentar